Posted by : San Kamis, 25 Oktober 2012

Ada yang pernah nonton film Jurassic Park 3? itu lho.... yang ceritanya ada orang tua yang mencari anaknya yang terdampar di pulau yang penuh dengan Dinosaurus. ada satu scene yang dimana di scene itu, Dr.Grant sedang curhat dengan Eric. Scene nya begini.

Dr.Grant : "I have a theory that there are two kinds of boys. There are those that want to be Astronomers, and those that want to be Astronauts.The Astronomers or Paleontology, gets to study these amazing things from a place that completely safety."
Eric : "But then you never get to go into space."
Dr.Grant : Exactly, that the difference between imagining and seeing....."
menurut saya, teori ini bener. kenapa? emang begitu kan? coba liat sekeliling kalian dan perhatikan, ada pekerjaan yang hanya memperhatikan dan ada yang langsung ke lapangan. cuman, kali ini saya akan menghubungkannya ke masalah menjalani perkuliahan ke luar negeri.
mau kuliah ke luar negeri? mau dong... siapa sih yang gak mau.. saya aja pernah berencana untuk kuliah ke jepang, tapi sayangnya nilai saya kurang, jadi saya gak dapet beasiswanya. tapi kalo menurut saya, kekurangan nilai saya itu ada artinya, nanti akan saya jelaskan.
oke, kalo pertanyaannya seperti yang di atas mungkin kalian gak bingung untuk menjawabnya. tapi, gimana kalo saya ganti?
ehm.... Sudah siap kuliah di Luar Negeri?
bingung? kenapa mesti bingung? pinter kan? nilai rapor tinggi, IPK tinggi, rajin, anak kesayangan dosen lagi. udah siap dong? bener gak? pertanyaan berikutnya, yakin dapet gak?
bingung? kenapa mesti bingung? kan udah pinter, rajin lagi.
sekarang kalo pertanyaanya saya rubah lagi, bisa hidup disana?
bingung? gampang kok, yang penting ada rumah, bisa makan, bisa minum. enak kan?
kalo syarat di atas udah terpenuhi, gak salah kalo kalian dapet kuliah disana. tapi, banyak-banyak berdoa aja ya pas udah sampe sana.

sekarang mari kita luruskan dari segi tujuan dulu. apa tujuan kalian? saya gak nanya apa tujuan kalian kuliah atau ingin bisa kuliah di luar negeri, tapi yang saya tanyakan adalah apa tujuan kalian.
"ingin membahagiakan  orang tua, pengen hidup kaya, biar gengsi, pengen bisa keluar negeri, pengen sukses." kalo tujuan kalian se-cengeng ini, jangan berharap bisa bertahan menuntut ilmu disana. apalagi, kalo pola pikir kalian masih Indonesia banget.
mari kita bahas kedua pertanyaan saya diatas. pertama adalah masalah kesiapan. sudah siap? saya tidak bertanya fisik, psikis, materi, atau otak anda, saya bertanya kesiapan anda secara total. alasan kenapa nilai saya jelek adalah karena kesiapan. saya gak yakin kalo nilai UN saya sejelek itu, tapi mungkin ada faktor lain yang membuat saya mendapatkan nilai jelek itu, dan itu dikarenakan saya belum siap ke jepang. saya tidak tau kenapa dan apa, tapi yang jelas, ada yang gak bisa saya tinggal di Indonesia. sekarang coba tanya diri sendiri, adakah yang gak bisa anda tinggalkan di kampung halaman anda Indonesia?
saya kasih contoh sederhana.
saya pernah berbincang dengan teman saya dan bertanya kepada dia, kenapa memilih kampus Gunadarma, apalagi di kalimalang, apakah tidak bosan belasan tahun menghabiskan waktu di sini-sini saja. dia bilang "gw kasian sama orang tua gw, mereka udah tua. kalo gw kuliah jauh, ngabisin duit ortu. kalo ortu sakit dan kita masih disana, gak enak juga."
see? dia bukan anak alim, dia bukan anak yang pinter, dia juga bukan anak yang bener-bener patuh sama ortu, tapi liat! dia bisa ngomong kayak gitu. coba tanya kepada diri anda sendiri. mungkin kalian masih punya utang disini, mungkin orang tua kalian yang gak bisa kalian tinggal, mungkin ada jodoh anda disini, atau sebagainya. pernah gak berpikir kearah situ? atau kalian takut kalo kalian mikir kearah situ akan membuat kalian gak yakin? kalo kalian gak yakin, bagus! karena itu tanda kalo kalian belom siap. tapi kalo hati kalian lega memikirkannya, maka itu tanda kalo kalian siap.
bisa hidup disana?
bocoran sedikit, di jepang, kalian akan menemukan 4 tempat sampah berderet. tempat sampah daur ulang, yang tidak bisa di daur ulang, organik, non-organik, dan kalian harus memasukan sampah ke tempat yang benar. akan ada petugas sampah  rutin yang akan mengambil sampah sesuai jadwal. kalian tidak boleh mengeluarkan sampah di malam sebelum pengambilan sampah atau saat pengambilan sampah. untuk masalah  sampah sendiri, ada pidana yang mengatur tentang sampah dan itu benar-benar di tegakkan, tidak seperti Indonesia.
yah... sedikit sih.... nanti kalo ada waktu saya tambahin. maklum mau ngerjain LA.
see ya!



oh iya, satu lagi. di jepang, kalo kalian naik sepeda, harus memiliki surat ijin dan setiap sepeda memiliki plat nomor.
bagaimana dengan negara lain ya? :D

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

ReeCoder. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Gunadarma Headline News

Me on Google+

- Copyright © Ree San -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -