Posted by : San Rabu, 31 Oktober 2012

Perbedaan akan selalu menjadi masalah sosial yang tidak akan pernah berakhir, karena perbedaan itu sendiri pun tidak akan pernah berakhir. Bagaimana tidak? Setiap manusia, setiap pribadi itu berbeda satu sama lain. Ada yang kulit hitam dan ada yang kulit putih, Si mata sipit dengan si mata besar, dan sebagainya. Perbedaan akan selalu kita temui, bahkan si kembar pun mungkin akan berselisih karena berbeda pendapat. Namun bagaimana kita menyikapinya?
Dalam tulisan saya kali ini, saya menuliskan beberapa pengalaman yang pernah saya temui.
Pertama-tama kasus kesenjangan dan konflik sosial ini datangnya dari perbedaan agama. Saya memiliki seorang teman, panggilannya Epen. Dia adalah orang nasrani, Kristen Protestan. Sewaktu SD kita sering bermain bersama-sama, sampai suatu saat ada teman yang membedakan dia dengan saya dan teman-teman lainnya, hanya karena kita Islam sedangkan dia Kristen. Kesenjangan dan masalah sosial pun terjadi hanya karena perbedaan agama. Saya dengan dia bertemu lagi saat SMA 12. Kami sekelas pada saat itu. Suatu saat saya dengan dia akan mengerjakan tugas yang harus di kumpulkan saat itu juga. Karena suasana sekolah sedang class meeting, saya mengajaknya untuk mengerjakan tugas itu di masjid saja yang sedikit tenang, itung-itung saya dapat menjalankan shalat Dhuha. Ketika dia masuk, ada salah seorang siswa mengejeknya dan mengusirnya dengan dalih orang Kristen tidak boleh masuk Masjid.
Kedua adalah Perbedaan ras/etnis. Hal ini juga membuat saya bingung, kenapa konflik harus terjadi hanya karena perbedaan etnis. Ini mengingatkan saya dengan tragedi Mei 1998, dimana terjadi kesenjangan sosial antara Pribumi terhadap etnis Cina. Jika saya tidak salah, hal ini sempat menimbulkan kerusuhan yang cukup parah. Hingga akhirnya muncul kebijakan yang melindungi etnis Cina sebagai Warga Negara Indonesia juga. Padahal setelah saya baca dari beberapa referensi, bangkitnya perbedaan dan konflik antara ras Pribumi dengan etnis Cina disebabkan oleh politik adu domba (Divide et Impera) Belanda pada masa penjajahan. Penjajah memberikan kebebasan berdagand kepada etnis Cina yang didatangkan dari daratan Tiongkok, yang pada akhirnya arus imigran ini tidak dapat dibendung. Maka dibuatlah suatu kerusuhan rasial. Sarikat Dagang Islam yang didirikan pada zaman penjajahan juga menjadi salah satu faktor orang-orang pribumi yang beragama islam ingin membendung dominasi etnis Cina dalam berdagang. Namun sayang, dalam perjalanan untuk membendung dominasi yang tadinya berbasis politik dagang, menjadi politik kebencian kepada ras Cina dengan mengatasnamakan “Agama Islam”. Untuk menggusur eksistensi ras Cina, kerusuhan demi kerusuhan anti cina muncul.
Sungguh disayangkan, hanya karena hal sepele, yang menurut saya bukanlah sebuah masalah dan tidak perlu dipermasalahkan, harus berakhir dengan pertumpahan darah, dan akhirnya dibayar dengan nyawa orang-orang yang tidak bersalah. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya sosialisasi, atau sadar hukum dari setiap orang. Namun tidak menutup kemungkinan adanya faktor pemicu keributan, seperti oknum tidak bertanggung jawab dan lain-lain. Padahal, persaudaraan dan kekeluargaan akan terasa hangat dan erat ketika kita berhasil bergabung dan menjalin persaudaraan dengan orang-orang dari berbagai suku, etnis, ras, dan agama yang berbeda. Saya pun demikian. Saya memiliki teman dari berbagai etnis dan agama yang berbeda, karena saya suka berbagi pandangan hidup.
Perbedaan adalah hal kecil, namun menyikapinya butuh kedewasaan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

ReeCoder. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Gunadarma Headline News

Me on Google+

- Copyright © Ree San -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -