Posted by : San Selasa, 19 Februari 2013

Yosshhh...
ada yang udah pernah main Glest disini?
yap, semacam DoTa di open source gitu...
gimana? susah gak game nya? jujur aja, pertama kali gw main game itu gw kalah mulu.. entah antara gw yang gak jago main game, atau emang game itu terlalu kompleks level awalnya jadi gw selalu di serang disaat pasukan gw belom berdiri.
tapi akhirnya gw sadar, ini kan game open source... kenapa gak otak-atik aja source code nya..
yap benar, itu adalah salah satu enak-gak enaknya game open source...
oke, langsung saja, gw kasih salah satu gambaran dan bentuk gimana sih cara ngedit source code game yang open source dalam hal ini, Glest.

hal pertama yang harus kita tau adalah dimana source code target tersimpan. yah dalam kasus ini misalkan gw mau ngedit jumlah pasukan, gold, stone, dan wood kalo gw pake mage...
tips, pinter-pinter nyari file yang mana, karena masing-masing game source nya memiliki extension.. kalo glest, .xml..


Binggo!..  see, source code untuk mage adalah magic.xml.. nah kita buka ya.. kita bugilin game ini.. haha

eits, tunggu, ibarat mau ngejajah orang, harus ada diplomasi, birokrasi, yang terakhir adalah genosida untuk menunjukan siapa yang berkuasa.. mari kita ketik di terminal
sudo gedit /usr/share/games/glest/techs/magitech/factions/magic/magic.xml << sesuai letak file nya aja..
perintah sudo untuk memberi tahu file magic.xml ini kalo kita majikannya dia dan dia rela dan siap untuk nerima perintah dari kita apapun itu..


sampe sini ngerti lah mesti ngapain... :D

ya udah ketawan kan, mage_tower, summoner_guild dsb itu nama variabel nya... nah amount itu jumlah alias nilainya dalam program ini..
 jadi kalo amountnya kalian ganti disini, maka jumlah amount itu lah yang akan kalian dapatkan di Glest saat kalian start battle... kebayangkan baru main udah dapet drake rider 20 biji.. :D
tinggal save aja..
trus main deh...


Happy Source Manipulating Guysss..
Yoroshiku..

{ 9 komentar... read them below or Comment }

  1. gimana cara ngeditnya, soalnya kan di internet

    BalasHapus
  2. apanya yang di internet bro?

    BalasHapus
  3. thank gan infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  4. Itu pake aplikasi apa buat supaya bisa buka bahasa pemrogramer nya

    BalasHapus
  5. bro gk bisa di edit resaurches sama unit nya

    BalasHapus
  6. biar bisa edit, klik kanan filenya, lalu open with , pilih note path

    BalasHapus
  7. setelah di edit tidak maudi simpan,gmna cara simpanya?

    BalasHapus

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

ReeCoder. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Gunadarma Headline News

Me on Google+

- Copyright © Ree San -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -