Posted by : San Kamis, 07 November 2013

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai aplikasi berbasis web untuk pembelajaran pemrograman secara Online.
Aplikasi yang ingin saya bahas adalah Codecademy.
Codecademy adalah sebuah aplikasi web yang berfungsi untuk membantu kita dalam mempelajari bahasa pemrograman. Untuk lebih lengkapnya, saya akan mengelompokkan beberapa informasi mengenai Codecademy ini. Berikut penjelasannya :

1. Sejarah

Codecademy adalah platform online interaktif gratis yang menyediakan pelajaran pemrograman seperti Python, PHP, JavaScript, dan Ruby, begitu juga dengan bahasa markup termasuk HTML dan CSS. Codecademy dibuat pada tahun 2011 oleh Zach Sims dan Ryan Bubinski. Sims drop out dari kuliahnya di Universitas Columbia untuk fokus meluncurkan perusahaan, sedangkan Bubinski lulus dari Columbia dengan gelar Ilmu komputer dan Biofisik-nya. Perusahaan yang bermarkas di Kota New York ini meraih 2,5 juta U.S dolar dalam pendanaan Seri A pada bulan Oktober 2011 dan 10 juta U.S dolar dalam pendanaan Seri B pada Juni 2012.

2. Tujuan

Codecademy bertujuan untuk memberikan kemudahan belajar dengan cara teori sekaligus praktek, agar pengguna dapat mempelajari bahasa pemrograman dengan baik, mudah dan menyenangkan. Oleh karena itu, pengguna dari Codeacademy ini pun berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak kecil, hingga dewasa. Mulai dari mahasiswa Ilmu Komputer, sampai karyawan yang bahkan pekerjaannya tidak berhubungan dengan komputer, mempelajari pemrograman di Codecademy.


3. Fitur

Fitur yang dapat dipilih dalam Codecademy cukup beragam. Fitur yang paling utama adalah fitur Learn, yaitu langsung belajar bahasa pemrograman yang diinginkan. Pertama kita harus masuk terlebih dahulu kedalam fitur Learn. Setelah itu kita dapat memilih bahasa pemrograman apa yang ingin kita pelajari. Ketika kita selesai memilih, kita akan masuk kedalam halaman daftar materi dari bahasa pemrograman yang telah kita pilih tadi. Dalam halaman tersebut, kita dapat melihat daftar materi yang akan dan telah dipelajari, kita juga dapat melihat progress kita dalam halaman tersebut, apakah baru mencapai 50% atau sudah 100%. Setelah kita melihat daftar materinya, kita dapat memilih untuk mulai belajar untuk masuk ke dalam halaman belajar.
Halaman belajar di Codecademy ini cukup unik. Kita akan dihadapkan oleh tampilan berupa kolom materi, textbox untuk memprogram dan kolom output untuk menampilkan hasil dari program kita. Sehingga dalam satu halaman tersebut, kita dapat membaca materi, melihat tips & trik untuk kasus yang akan diselesaikan, memprogram dan mengaplikasikan materi yang telah kita baca, lalu melihat outputnya dalam satu halaman tanpa harus berpindah. Inilah yang menjadi kekuatan aplikasi Codecademy, dengan menerapkan cara belajar yang memadukan antara teori dan praktek dalam satu waktu, maka pemahaman akan jauh lebih mudah.

Fitur yang lain adalah Teach. Dalam fitur ini, kita dapat membuat materi kursus kita sendiri untuk kita ajarkan dan bagikan kepada pengguna lain. dengan kata lain, kita dapat membuat materi seperti yang kita temukan dan pelajari di dalam fitur Learn.


4. Support

Dalam halaman web-nya, Codecademy tidak hanya menyediakan aplikasi hebatnya tersebut untuk sarana belajar, tapi mereka juga menyediakan halaman forum dan group untuk para pengguna baru maupun alumni untuk saling berbagi masalah dan solusi yang dihadapi selama menekuni pemrograman. Halaman ini semakin melengkapi pembelajaran bagi pengguna Codecademy.


5. Manfaat

Aplikasi Codecademy ini telah banyak mensukseskan banyak orang. Hal ini dibuktikan dari salah satu halaman Codecademy ini yang menampilkan profil alumni pengguna yang telah sukses, baik dalam bekerja di dalam perusahaan IT, maupun membuat aplikasi dan bisnis dengan pemrograman.


aplikasi :
www.codecademy.com


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

ReeCoder. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Gunadarma Headline News

Me on Google+

- Copyright © Ree San -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -