Posted by : San Selasa, 08 Januari 2013

Kali ini saya akan membahas mengenai install driver AMD/ATI di Ubuntu. Distro Ubuntu yang saya pakai adalah versi 10.04.

Mungkin beberapa user Ubuntu seperti saya mengalami kasus yang sama yaitu driver VGA tidak langsung terinstall di OS nya. tapi jangan khawatir, karena Perusahaan AMD memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menginstall driver, terutama di linux.
oke tanpa basa-basi pertama yang harus anda lakukan adalah cek driver VGA yang anda miliki.


(Maaf gambar sedikit terpotong.) ketikan pada terminal lspci -vvnn | grep VGA
maka akan muncul output yang baris awalnya seperti gambar diatas. disini dapat dilihat bahwa driver yang saya miliki adalah AMD/ATI Radeon HD 6320.

Oke, setelah anda mengetahui apa tipe dan jenis Graphic Card AMD kalian, maka langkah selanjutnya adalah cari drivernya.
salah seorang teman saya memberikan link ini kepada saya, anda bisa lihat dan cari-cari sendiri di http://driverscollection.com/?V=AMD&S=1
yah, ubek-ubek aja website itu, insya Allah ada kok.
Banyak kan?

oke setelah kalian menemukan driver yang cocok, klik aja nama driver tersebut, nanti akan masuk ke halaman yang tampilannya kurang lebih seperti ini.


nah, kalian langsung cari aja ke driver yang di sediakan untuk linux. perhatikan gambar diatas, disana terdapat Manufacture, Hardware, Software name, dan sebagainya. nah kalian liat di bawah, bagian System. ada kotak-kotak yang bertuliskan Windows 7, Vista,  linux x86 dan linux x86_64 dsb. nah itu kalian tinggal kalian cari yang kotaknya bertuliskan Linux x86 dan Linux x86_64 seperti gambar di atas. Setelah itu, tinggal download aja. lalu ketika masuk ke halaman berikutnya, ketik verification key nya dulu baru download file.

setelah download selesai, maka jalankan driver nya di terminal dengan perintah sh  nama_program. atau ./nama_program. jika program tidak mau jalan, mungkin permission  programnya belum di centang. coba centang dulu permission programmnya, caranya klik kanan, terus ke bagian permission centang deh yang "allow as program" atau ketikan chmod 777 nama_program.

jika muncul pesan yang bilang kalo kalian harus uninstall old fglrx, maka kalian harus uninstall fglrx yang sudah terpasang. caranya ketik apt-get remove --purge fglrx
(Tahap ini lewati saja bila tidak perlu)

lalu instal kembali.

ikuti saja apa yang diminta program, akan butuh beberapa menit untuk installasi.
kalau kalian berhasil maka akan muncul menu restart, klik oke saja untuk me reboot laptop anda.

Nah, sekarang kalian bisa menikmati tampilan yang lebih baik di Ubuntu anda.

sekian dulu dari saya, maaf ya kalo kurang jelas ngejelasinnya, ngantuk,. hehe

Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Blog Archive

ReeCoder. Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Gunadarma Headline News

Me on Google+

- Copyright © Ree San -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -